7 Obat Nyeri Lutut yang Efektif dan Mudah Ditemukan (2024)

Obat nyeri lutut dapat digunakan untuk meredakan sakit di lutut akibat keseleo atau peradangan. Selain mudah ditemukan di apotik terdekat, obat nyeri lutut juga memiliki beragam bentuk, mulai dari krim hingga tablet, yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Nyeri lutut paling sering disebabkan oleh cedera ringan yang terjadi saat berolahraga. Namun, kondisi ini juga bisa dipicu oleh beberapa faktor lainnya, seperti penuaan, kelebihan berat badan, atau mengalami osteoarthritis.

7 Obat Nyeri Lutut yang Efektif dan Mudah Ditemukan (1)

Penanganan nyeri lutut perlu dilakukan sebab kondisi ini bisa membuat penderitanya kesulitan untuk berjalan. Salah satu cara untuk mengurangi nyeri di lutut adalah menggunakan obat nyeri lutut yang bisa dibeli di apotek.

Rekomendasi Obat Nyeri Lutut yang Ampuh

Obat nyeri lutut umumnya mengandung bahan aktif yang dapat mengurangi rasa sakit pada sendi, termasuk sendi lutut, ketika digunakan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi obat nyeri lutut yang bisa Anda dapatkan di apotek:

Counterpain Krim

7 Obat Nyeri Lutut yang Efektif dan Mudah Ditemukan (2)

Harga: Rp12.564–Rp35.530 per tube
Beli Counterpain Krim 5 gr di AloshopBeli Counterpain Krim 15 gr di Aloshop

Seperti namanya, Counterpain krim adalah obat nyeri lutut yang memiliki bentuk krim. Obat ini mengandung menthol dan metil salisilat yang dapat menimbulkan rasa dingin pada kulit sehingga bisa mengurangi nyeri pada sendi, termasuk sendi lutut, yang disebabkan oleh kram, keseleo, maupun otot tegang.

Tak hanya itu, Counterpain krim juga bisa meredakan nyeri lutut akibat peradangan, misalnya arthritis. Pasalnya, obat nyeri lutut ini mengandung senyawa eugenol yang memiliki sifat antiradang.

Penggunaan obat ini cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan krim secukupnya ke area lutut yang mengalami nyeri.

Neo Rheumacyl Hot Otot dan Sendi

7 Obat Nyeri Lutut yang Efektif dan Mudah Ditemukan (3)

Harga: Rp22.720 per tube
Beli Neo Rheumacyl Hot Otot dan Sendi 30 gr di Aloshop

Neo Rheumacyl merupakan obat nyeri lutut berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk meredakan keluhan. Obat ini mengandung metil salisilat dan menthol yang secara bersamaan dapat mengurangi rasa nyeri di lutut.

Di dalam obat ini juga terkandung senyawa yang memiliki efek pendinginan, yaitu eugenol dan camphora. Obat ini akan menimbulkan rasa dingin ketika dioleskan di area lutut yang nyeri sehingga keluhan tersebut bisa menghilang dengan cepat.

Chondromax Krim Hot

7 Obat Nyeri Lutut yang Efektif dan Mudah Ditemukan (4)

Harga: Rp61.655–Rp111.815 per tube
Beli Chondromax Krim Hot 30 gr di AloshopBeli Chondromax Krim Hot 60 gr di Aloshop

Chondromax krim merupakan obat nyeri lutut yang bisa digunakan untuk meredakan nyeri di area lutut akibat peradangan. Manfaat tersebut didapat dari kandungan glucosamine, chondroitin, dan capsaicin di dalamnya yang dapat mengatasi keluhan nyeri yang disebabkan oleh arthritis.

Sama seperti obat nyeri lutut berbentuk krim lainnya, Chondromax dapat Anda gunakan dengan mudah. Caranya, cukup oleskan krim secukupnya di area lutut yang terasa nyeri hingga rasa dingin muncul di area kulit tersebut.

Jointfit Roller Gel

7 Obat Nyeri Lutut yang Efektif dan Mudah Ditemukan (5)

Harga: Rp72.628 per botol
Beli Jointfit Roller Gel 35 gr di Aloshop

Jointfit gel mengandung glucosamine yang bermanfaat untuk mengurangi nyeri sendi akibat peradangan, termasuk sendi lutut. Kandungan ini juga membantu mempertahankan kartilago, yaitu jaringan ikat yang melindungi sendi. Dengan begitu, sendi akan pulih dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Selain itu, di dalam obat nyeri lutut yang satu ini juga terkandung menthol yang memiliki efek cooling down. Ketika menggunakan obat ini akan timbul rasa hangat yang bisa meredakan nyeri secara perlahan.

Untuk menggunakan Jointfit gel, Anda hanya perlu mengoleskannya ke area lutut yang terasa nyeri sebanyak 2–4 kali sehari.

Welmove

7 Obat Nyeri Lutut yang Efektif dan Mudah Ditemukan (6)

Harga: Rp21.423 per strip
Beli Welmove 5 kaplet di Aloshop

Welmove merupakan obat nyeri lutut berbentuk tablet yang dapat dikonsumsi. Obat ini memiliki kandungan glucosamine dan chondroitin yang mampu meredakan nyeri pada persendian, termasuk di lutut.

Obat nyeri lutut ini juga diperkaya dengan vitamin C, mangan, magnesium, dan zinc. Beragam jenis vitamin dan mineral tersebut sangat baik untuk menunjang kesehatan tulang dan sendi.

Agar manfaatnya dalam mengurangi nyeri lutut bisa maksimal, Anda dapat mengonsumsi obat ini sebanyak 1 tablet, 3 kali sehari.

Colchicine

7 Obat Nyeri Lutut yang Efektif dan Mudah Ditemukan (7)

Harga: Rp18.340 per strip
Beli Colchicine 0,5 mg 10 Tablet Etercin di Aloshop

Bila keluhan nyeri lutut yang Anda rasakan dipicu oleh asam urat, Colchicine menjadi obat nyeri lutut yang bisa Anda konsumsi. Obat ini mengandung colchicine yang dapat mengurangi nyeri karena peradangan pada sendi akibat penumpukan kristal asam urat.

Agar manfaat obat ini optimal, konsumsilah sesuai resep dokter. Selain harus digunakan sesuai dosisnya, obat ini juga dapat menimbulkan reaksi jika digunakan bersamaan dengan obat-obatan lain, seperti antibiotik, OAINS, dan obat kolesterol.

Voltadex Gel

7 Obat Nyeri Lutut yang Efektif dan Mudah Ditemukan (8)

Harga: Rp31.828 per tube

Beli Voltadex Gel 20 gr di Aloshop

Voltadex gel mengandung natrium diclofenac yang bekerja dengan cara memblokir enzim cyclooxygenase, yaitu enzim yang berperan untuk mengatur produksi prostaglandin. Dengan begitu, kadar prostaglandin di dalam tubuh pun akan berkurang sehingga rasa nyeri, termasuk nyeri lutut, bisa cepat mereda.

Penggunaan Voltadex gel sebagai obat nyeri lutut cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan obat ini secukupnya di area lutut yang nyeri sebanyak 3–4 kali sehari.

Beberapa obat nyeri lutut di atas tersedia dalam bentuk krim dan gel yang mudah Anda gunakan. Namun, tetap baca kembali aturan pakai pada kemasan sebelum menggunakan obat-obat tersebut.

Jika menggunakan obat dalam sediaan krim dan gel, usahakan agar tidak mengenai mata, mulut, atau selaput lendir lainnya. Pasalnya, obat jenis ini hanya diperuntukkan untuk digunakan di permukaan kulit.

Ibu hamil dan ibu menyusui tidak disarankan untuk menggunakan obat-obat tersebut tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Obat nyeri lutut berguna untuk mengatasi nyeri dan peradangan, tetapi tidak dapat sepenuhnya meningkatkan kesehatan tulang. Untuk menjaga kesehatan tulang, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D, menjaga berat badan, menghentikan kebiasaan merokok, dan berolahraga secara rutin.

Jika keluhan nyeri di area lutut tidak kunjung membaik atau justru memburuk meski sudah mengonsumsi obat nyeri lutut, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut yang sesuai dengan kondisi Anda.

Terakhir diperbarui: 10 Mei 2024

7 Obat Nyeri Lutut yang Efektif dan Mudah Ditemukan (2024)

FAQs

Daun apa yang bisa mengobati nyeri lutut? ›

Daun sirsak mengandung senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada lutut dan sendi.

Lutut sakit saat ditekuk dan diluruskan apa obatnya? ›

Mengistirahatkan Lutut dan Mengompresnya dengan Es

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengobati lutut sakit saat ditekuk dan diluruskan adalah dengan berhenti sejenak dari berbagai aktivitas berat dan mengistirahatkan kaki.

Kenapa nyeri lutut tak kunjung sembuh? ›

Nyeri lutut kronis dapat disebabkan oleh cedera akut, cedera penggunaan berulang, atau radang sendi yang berhubungan dengan cedera lama yang meninggalkan kerusakan permanen. Anda mungkin mengalami robekan ligamen atau tendon, kerusakan pada tempurung lutut, atau robekan otot di sekitar struktur lutut.

Bagaimana Cara Meredakan Nyeri Lutut? ›

Cara Mengatasi Lutut Sakit Saat Ditekuk
  1. Istirahatkan lutut. Hentikan semua aktivitas yang bisa membuat lutut makin sakit ketika ditekuk. ...
  2. Kompres air dingin. Mengompres lutut dengan air dingin juga bisa meredakan nyeri pada lutut. ...
  3. Berikan perban pada lutut. ...
  4. Posisikan lutut yang sakit lebih tinggi. ...
  5. Konsumsi obat pereda nyeri.
Jul 10, 2023

Sakit lutut tidak boleh makan apa? ›

Lalu makanan apa saja yang sebaiknya dihindari saat mengalami nyeri lutut ? Idealnya, Anda harus menghindari makanan dan minuman yang menyebabkan peradangan tambahan dan penambahan berat badan seperti alkohol, daging merah, dan produk olahan.

Nyeri Lutut apa bisa sembuh sendiri? ›

Umumnya sakit lutut bisa ditangani sendiri dan dapat membaik setelah beberapa hari.

Nyeri lutut pertanda sakit apa? ›

dr Oryza Satria menjelaskan, sakit lutut dapat disebabkan oleh kondisi osteoarthritis. Lutut memiliki sendi agar bisa bergerak, jika lutut terasa sakit maka bisa jadi karena permasalahan pada sendi. Osteoarthritis merupakan peradangan kronis di sendi akibat kerusakan pada tulang rawan.

Apakah bawang putih bisa mengobati nyeri sendi lutut? ›

Obat nyeri sendi selanjutnya adalah bawang putih. Bawang putih dikenal sebagai rempah yang kaya akan antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu dalam mengurangi peradangan dan nyeri sendi. Bawang putih mengandung senyawa seperti allicin yang dapat membantu dalam mengurangi inflamasi dan meredakan nyeri.

Apakah jahe bisa mengobati nyeri lutut? ›

Jahe memang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Namun, tahukah Anda jika sakit lutut ternyata bisa sembuh dengan mengonsumsi jahe? Tanaman herbal yang satu ini dipercaya sebagai obat antiinflamasi alami yang dapat mengurangi rasa nyeri dan peradangan akibat sakit lutut.

Apakah lengkuas Bisa Menghilangkan Sakit Lutut? ›

Lengkuas bisa menjadi solusi untuk kondisi nyeri sendri pada lutut atau nyeri otot. Bahan rempah untuk memasak ini ternyata memiliki banyak khasiat. Dengan ramuan mudah dari lengkuas ini bisa menjadi alternatif untuk mengatasi nyeri sendi ini.

Apa obat nyeri lutut yang bagus? ›

“Penggunaan obat sakit lutut berguna untuk meringankan gejala dan mempercepat proses penyembuhan. Beberapa rekomendasinya yaitu Mediflex Cream, Counterpain Cream, Osteor-C Cream, Blood Kneeheat, dan Neo Rheumacyl Tablet yang bisa dibeli di Halodoc.”

Nyeri lutut apa boleh di urut? ›

Jika Anda memiliki penyakit penyerta dan mengalami nyeri di lutut atau bagian tubuh manapun, sebaiknya jangan diurut. Sebab ini bisa berpengaruh terhadap penyakit penyerta lain dan bisa menyebabkan komplikasi.

Apakah Voltaren Bisa Untuk nyeri lutut? ›

Voltaren Arthritis Pain Gel: Tutup Mudah Dibuka

Tidak masalah jika Anda menderita nyeri sendi di lutut atau pergelangan tangan, Voltaren Arthritis Pain Gel hadir dengan tutup yang mudah dibuka sehingga pengaplikasiannya lebih mudah diakses saat Anda sangat membutuhkannya.

Apakah Voltaren Bisa Untuk Nyeri Lutut? ›

Voltaren Arthritis Pain Gel: Tutup Mudah Dibuka

Tidak masalah jika Anda menderita nyeri sendi di lutut atau pergelangan tangan, Voltaren Arthritis Pain Gel hadir dengan tutup yang mudah dibuka sehingga pengaplikasiannya lebih mudah diakses saat Anda sangat membutuhkannya.

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Margart Wisoky

Last Updated:

Views: 5406

Rating: 4.8 / 5 (58 voted)

Reviews: 81% of readers found this page helpful

Author information

Name: Margart Wisoky

Birthday: 1993-05-13

Address: 2113 Abernathy Knoll, New Tamerafurt, CT 66893-2169

Phone: +25815234346805

Job: Central Developer

Hobby: Machining, Pottery, Rafting, Cosplaying, Jogging, Taekwondo, Scouting

Introduction: My name is Margart Wisoky, I am a gorgeous, shiny, successful, beautiful, adventurous, excited, pleasant person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.