8 Obat Gatal pada Kulit Anak yang Ampuh (2024)

Obat gatal pada kulit anak tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari krim, gel, losion, hingga bedak. Obat minum antialergi juga biasanya dikonsumsi agar gatal lebih cepat mereda. Obat gatal pada kulit anak umumnya bisa dibeli tanpa resep dokter, tetapi tetap harus digunakan sesuai aturan pakai yang tertera di kemasan.

Gatal pada kulit anak disebabkan oleh banyak hal, seperti gigitan serangga, biang keringat, alergi, paparan bahan iritan, atau eksim. Keluhan ini biasanya membuat anak menggaruk-garuk kulit yang justru bisa memperparah kondisi dan meningkatkan risiko terkena infeksi.8 Obat Gatal pada Kulit Anak yang Ampuh (1)

Untuk meredakan gatal dengan cepat dan mencegah infeksi pada anak, gunakanlah obat gatal pada kulit anak yang telah terbukti efektif dan aman. Obat gatal ini umumnya mengandung calamine dan beberapa bahan tambahan untuk menenangkan kulit yang aman bagi anak-anak.

Berbagai Pilihan Obat Gatal pada Kulit Anak

Berbagai obat gatal pada kulit anak bisa ditemukan di apotek atau toko obat terdekat. Obat-obatan tersebut umumnya tergolong sebagai obat bebas yang artinya tidak memerlukan resep dari dokter. Berikut ini adalah berbagai obat gatal pada kulit anak yang paling ampuh bila digunakan sesuai aturan pakai:

Caladine Cream 15 gr

8 Obat Gatal pada Kulit Anak yang Ampuh (2)

Harga: Rp15.075 per Tube
Beli Caladine Cream 15 gr di Aloshop

Caladine krim bisa menjadi pilihan obat gatal pada kulit anak akibat gigitan serangga, misalnya nyamuk atau semut. Krim ini mengandung calamine dan champora yang dapat meredakan gatal sekaligus melembapkan kulit agar tidak lengket saat digunakan.

Caladine krim juga dilengkapi dengan kandungan zinc oxide yang berperan sebagai antiseptik dan menthol untuk menyejukkan kulit sehingga nyaman dipakai oleh anak. Oleskan Caladine krim secukupnya di area kulit anak yang gatal beberapa kali sehari. Sebelum mengoleskannya, pastikan kulit anak dalam kondisi bersih dan kering.

Bedak Salicyl Menthol 50 gr

8 Obat Gatal pada Kulit Anak yang Ampuh (3)

Harga: Rp12.600 per Botol
Beli Bedak Salicyl Menthol 50 gr di Aloshop

Pilihan lain obat gatal pada kulit anak adalah bedak Salicyl Menthol. Bedak ini biasanya digunakan untuk meredakan gatal pada kulit anak yang disebabkan oleh biang keringat. Bedak Salicyl Menthol mengandung asam salisilat yang mampu meregenerasi kulit dan talc yang dapat menyerap kelembapan di kulit, sehingga mampu menjaga kulit tetap kering dan mencegah gatal atau ruam meluas.

Bedak ini disarankan untuk ditaburkan secukupnya setelah anak mandi pada bagian kulit anak yang gatal saja.

Pure Kids Itchy Cream 15 gr

8 Obat Gatal pada Kulit Anak yang Ampuh (4)

Harga: Rp38.956 per Tube
Beli Pure Kids Itchy Cream 15 gr di Aloshop

Pure Kids krim bisa digunakan untuk meringankan gatal-gatal di kulit akibat gigiran serangga dan biang keringat. Obat gatal pada kulit anak ini mengandung calamine, avena sativa atau oat kernel, minyak kayu putih, ekstrak chamomile, dan menthol.

Berbagai kombinasi bahan tersebut ampuh dalam menenangkan kulit yang gatal dan memberikan sensasi dingin yang menyejukkan. Oleskan Pure Kids krim secukupnya pada area kulit anak yang gatal saja.

Caladine Powder Original 100 gr

8 Obat Gatal pada Kulit Anak yang Ampuh (5)

Harga: Rp24.860 per Botol
Beli Caladine Powder Original 100 gr di Aloshop

Gatal pada kulit anak yang muncul karena biang keringat juga bisa diredakan dengan Caladine bedak. Bedak ini mengandung talc, calamine, zinc oxide, parfum, champora, dan menthol untuk mencegah biang keringat sekaligus menyegarkan kulit anak.

Caladine bedak aman digunakan setiap hari dan boleh dioleskan secara merata di kulit anak sehabis ia mandi.

Caladine Lotion 60 ml

8 Obat Gatal pada Kulit Anak yang Ampuh (6)

Harga: Rp20.064 per Botol
Beli Caladine Lotion 60 ml di Aloshop

Selain krim dan bedak, obat gatal pada kulit anak juga tersedia dalam bentuk losion, salah satunya yang ampuh adalah Caladine losion. Losion ini umum digunakan untuk menangani rasa gatal di kulit yang disebabkan oleh biang keringat, iritasi, alergi, dan gigitan serangga.

Caladine losion memiliki kandungan calamine, zinc oxide, dan diphenhydramine yang berperan sebagai antialergi dan antiseptik. Saat dioleskan pada kulit, losion ini menimbulkan rasa dingin yang bisa langsung menenangkan kulit yang gatal. Oleskan Caladine losion secukupnya di area kulit anak yang gatal sesuai petunjuk pemakaian.

Konicare Gel Pengurang Gatal 60 ml

8 Obat Gatal pada Kulit Anak yang Ampuh (7)

Harga: Rp19.635 per Botol
Beli Konicare Gel Pengurang Gatal 60 ml di Aloshop

Konicare gel juga bisa menjadi pilihan obat gatal pada kulit anak. Obat ini mengandung bahan aktif dari witch hazel yang memiliki sifat antiradang dan antioksidan. Mengoleskan Konicare gel dapat mengurangi bengkak dan gatal di kulit akibat gigitan serangga, iritasi, biang keringat, dan alergi.

Selain itu, Konicare gel juga bisa dioleskan untuk menenangkan kulit yang terbakar karena paparan sinar matahari. Gel ini hanya perlu dioleskan merata secukupnya di area kulit yang gatal.

Ozen Sirup 60 ml

8 Obat Gatal pada Kulit Anak yang Ampuh (8)

Harga: Rp59.895 per botol
Beli Ozen Sirup 60 ml di Aloshop

Ozen sirup digunakan sebagai obat gatal pada kulit anak akibat alergi. Obat ini tergolong sebagai antihistamin atau antialergi yang mengandung cetirizine. Cetirizine bekerja dengan cara menghambat produksi histamin saat tubuh terpapar bahan alergen. Dengan begitu, gatal-gatal karena alergi pun bisa cepat mereda.

Ozen sirup bisa diminum anak berusia 2–5 tahun dengan dosis ½ sendok takar atau setara dengan 2,5 mg sebanyak 1 kali sehari. sem*ntara itu, dosisi untuk anak berusia 6–11 tahun adalah 1 sendok takar atau setara dengan 5 mg untuk 1 kali sehari. Meski bisa dibeli tanpa resep dokter, pastikan Anda membaca dan mengikuti petunjuk penggunaan di kemasan.

Cetirizine Sirup 60 ml Promed

8 Obat Gatal pada Kulit Anak yang Ampuh (9)

Harga: Rp30.518 per Botol
Beli Cetirizine Sirup 60 ml Promed di Aloshop

Cetirizine sirup bisa menjadi pilihan lain obat gatal pada kulit anak yang disebabkan oleh alergi. Cetirizine sirup mengandung cetirizine yang bekerja dengan menghambat pelepasan histamin saat tubuh terkena zat pemicu alergi. Penggunaan obat ini memerlukan resep dokter.

Bila gatal pada kulit terjadi pada anak berusia di bawah 2–3 tahun, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum memberi obat dalam bentuk apa pun.

Obat gatal pada kulit anak dalam bentuk oles adalah obat luar yang tidak boleh masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, usahakan agar obat tidak mengenai area di sekitar hidung, mata, mulut, kelamin, dan dubur anak. Jika obat tidak sengaja mengenai area tersebut, segeralah basuh dengan air bersih.

Jika gatal pada anak makin parah, meluas, tidak kunjung sembuh meski telah menggunakan obat gatal pada kulit anak, atau terjadi di sekitar area mata, mulut, kelamin, atau dubur, sebaiknya jangan tunda untuk membawa anak ke dokter agar mendapatkan penanganan yang sesuai.

Terakhir diperbarui: 9 Mei 2024

8 Obat Gatal pada Kulit Anak yang Ampuh (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Laurine Ryan

Last Updated:

Views: 5404

Rating: 4.7 / 5 (57 voted)

Reviews: 80% of readers found this page helpful

Author information

Name: Laurine Ryan

Birthday: 1994-12-23

Address: Suite 751 871 Lissette Throughway, West Kittie, NH 41603

Phone: +2366831109631

Job: Sales Producer

Hobby: Creative writing, Motor sports, Do it yourself, Skateboarding, Coffee roasting, Calligraphy, Stand-up comedy

Introduction: My name is Laurine Ryan, I am a adorable, fair, graceful, spotless, gorgeous, homely, cooperative person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.